Adsense

Welcome in ENDY's weBLOG Crescat Scientia Vita Excolatur

Sabtu, 02 April 2022

Penemuan supernova oleh anggota Komunitas EarthSky

Penemuan supernova oleh Filipp Romanov
Astronom amatir Filipp Romanov menemukan supernova pertamanya pada 9 Februari 2022. Supernova tersebut telah dikonfirmasi oleh para astronom profesional. Berikut kisah penemuan Filipp dengan kata-katanya sendiri:

Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, saya menemukan supernova, yang kemudian dikonfirmasi oleh spektrumnya. Supernova tersebut diberi nama SN 2022bsi. Itu ada di galaksi NGC 5902 (di konstelasi Boötes).


Pada 9 Februari 2022, saya menemukan kandidat supernova dalam gambar Catalina Real-Time Transient Survey. Administrator proyek CRTS SNhunt menambahkannya ke Server Nama Transien Persatuan Astronomi Internasional pada tanggal yang sama.


Pada tanggal 15 Februari, saya memperoleh (atas permintaan saya) gambar galaksi ini menggunakan teleskop jarak jauh T21 di Mayhill, New Mexico. Ini adalah bagian dari iTelescope.net. Saya menumpuk foto-foto ini. Peristiwa supernova terlihat jelas di gambar yang ditumpuk, menunjukkan bahwa itu benar-benar ada ...


Kecerahan maksimum sekitar 19 magnitudo sekitar 20-21 Februari 2022. Pada 20 Februari 2022, saya memperoleh foto (dengan filter luminance, atas permintaan saya) dari jarak jauh menggunakan iTelescope T24 di Sierra Remote Observatory di Auberry, California. Gambar yang ditumpuk ditunjukkan di atas.


Pada 28 Februari 2022 dikonfirmasi sebagai supernova dan jenisnya telah diklasifikasikan seperti SN Ia-91bg, menurut hasil analisis spektrum yang diperoleh pada teleskop Palomar 60 inci (1,5 m). .

Sebuah penemuan yang sudah lama dibuat
Filipp adalah astronom amatir berpengalaman. Di masa lalu, ia telah menemukan 80 bintang variabel, 10 kandidat nebula planet, tiga objek transien, dan empat pasang bintang biner. Penemuan supernova-nya membutuhkan waktu yang lama. Seperti yang dia katakan:


Pada Agustus 2020, penemuan transien saya (kandidat supernova) redup (lebih redup dari magnitudo 21) AT 2020quo. Saya menemukannya di gambar Pan-STARRS selama Kampanye Pencarian Asteroid Internasional (IASC). Tapi ini selamanya hanya dalam status transien astronomi, karena tidak ada yang mendapatkan spektrum objek ini, tetapi secara fotometrik keberadaan ini telah dikonfirmasi oleh PS1_Bot1 [melalui teleskop Pan-STARRS 1, PS1]. Juga, pada November 2019, saya menemukan dua kandidat supernova di pelat fotografi digital: AT 1991bm di galaksi UGC 11180 dan AT 1992bw di galaksi UGC 43, tetapi mereka tidak akan dikonfirmasi sebagai supernova, jadi saya senang bahwa supernova SN 2022bsi telah dikonfirmasi oleh spektrum.

Intinya: Filipp Romanov menemukan supernova pada 9 Februari 2022, dalam gambar Catalina Real-Time Transient Survey dalam proyek CRTS SNhunt. Ini adalah penemuan supernova pertamanya yang dikonfirmasi.

Iklan:

0 comments:

Related Posts with Thumbnails