Adsense

Welcome in ENDY's weBLOG Crescat Scientia Vita Excolatur

Minggu, 28 November 2021

Saatnya membuang Chrome sebagai browser default Anda di Android

Jack Wallen menyarankan agar pengguna Android beralih dari Chrome sebagai browser default mereka. Dia juga menunjukkan caranya.

Saya akan jujur di sini, saya tidak terlalu sering menggunakan browser web di Android. Paling sering saya tetap dengan aplikasi tertentu. Sekarang, saya mendapatkan bahwa beberapa dari aplikasi tersebut adalah aplikasi Web Halaman Tunggal yang mungkin menggunakan sedikit Chrome di bawah tenda. Tetapi sejauh menggunakan browser web lengkap, itu hanya sporadis di ponsel saya.


Sampai mungkin setahun yang lalu, saya tidak keberatan menggunakan Chrome di Android. Itu dibangun di dalam, menawarkan fungsionalitas tanpa batas dan tidak benar-benar menimbulkan masalah. Tetapi satu tahun adalah waktu yang lama dalam hal teknologi, dan banyak yang telah terjadi di bulan-bulan itu.

Pada suatu saat di tahun 2021, saya mengganti browser Android default saya ke Firefox. Lagi pula, saya menggunakan browser open-source di desktop saya (yang saya habiskan sebagian besar hari kerja saya), jadi itu masuk akal. Saya dapat menjaga desktop dan browser web seluler saya tetap sinkron dan semuanya berfungsi seperti yang saya harapkan.


Selama saya menggunakan Firefox di Android, saya tidak mengalami masalah apa pun. Pada saat saya membutuhkan browser web, itu berfungsi dengan baik. Dan tidak menggunakan Chrome di Android bukanlah masalah bagi saya

Bagi yang lain, ini mungkin kurang dari no-brainer. Lagi pula, sebagian besar pengguna ponsel hanya ingin semuanya berfungsi seperti yang diharapkan dan tidak peduli untuk mengambil langkah ekstra untuk melakukan sesuatu yang sederhana seperti melihat halaman web di ponsel.


Tapi sudah waktunya.

Ini benar-benar waktu.

Sebenarnya, ini sudah lewat waktu.


Saya tidak akan membuat Anda bosan dengan statistik atau pembicaraan teknologi di sini, karena saya ingin Anda memahami (tanpa harus beralih ke teman Anda yang cenderung teknis) mengapa ini penting.

Chrome memiliki target di belakangnya
Google Chrome memiliki miliaran pengguna di seluruh dunia. Menurut Statcounter, Chrome memiliki 64,67% cengkeraman atas pangsa pasar global. Browser berikutnya adalah Safari dengan hanya 19,06%. Itu kesenjangan besar.


Apa artinya ini? Pada dasarnya, ini menempatkan target di bagian belakang Chrome, dan peretas di mana pun mengerti jika mereka ingin membuat pengguna tidak sadar, tembakan terbaik mereka adalah melalui Chrome. Google mengetahui hal ini dan secara teratur mengeluarkan peringatan kepada pengguna untuk memperbarui browser mereka secepatnya. Beberapa dari peringatan itu mengerikan (atau harus dianggap demikian). Dan setiap pengguna yang tidak terus-menerus memeriksa pembaruan Chrome memainkan permainan ayam berbahaya yang pada akhirnya akan mereka kalahkan.

Ini adalah permainan yang tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Chrome selalu rentan. Dan di luar kerentanan biasa, pada bulan Maret, ditemukan bahwa Google mengumpulkan lebih banyak data daripada browser lainnya. Pertimbangkan ini: Google dalam bisnis memonetisasi data. Itu roti dan mentega Google. Itulah yang membuat mereka menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di planet ini. Setiap bisnis ingin mendapatkan keunggulan Google, dan pengguna menemukan pencarian yang akurat dan mudah. Tetapi ketika Anda menggabungkan kebutuhan Google untuk mengumpulkan data dengan browsernya yang mengumpulkan lebih banyak data dan membutuhkan pembaruan yang sering untuk menambal kerentanan yang terus meningkat, Anda memiliki resep yang tidak hanya berbahaya tetapi juga penghinaan terhadap privasi.

Dan itulah sebabnya, beberapa bulan yang lalu, saya beralih ke Firefox sebagai browser Android default saya.

Saya tidak mengatakan Anda harus beralih ke Firefox (meskipun itu pilihan yang solid), tetapi Anda harus pindah dari Chrome ke browser lain. Untungnya, Android memiliki banyak opsi solid, seperti Opera, Vivaldi, dan Brave.

Iklan:

0 comments:

Related Posts with Thumbnails